Fauziah Ezzy: Menulis Menjadikan Seseorang Lebih Kreatif

rm
0


RepublikMenulis.com - Ada lima (5) hal yang memotivasi saya untuk menulis. 
Pertama, ingin menuangkan hal yang hanya dipendam dalam otak dan pikiran menjadi sesuatu bentuk yang nyata dan bermanfaat bagi semua orang. Kedua, ingin menjadi penulis handal dalam merekam hal yang terjadi dalam kehidupan nyata dan menyesuaikannya dengan materi yang telah dimembangkan sebelumnya oleh motivator- motivator yang ada.

Ketiga, ingin menciptakan sesuatu yang tak hanya sekedar bernilai akademis tapi juga berkembang dalam kegiatan luar akademis. Keempat, ingin menjadikan hobi baru, selain hobi – hobi lain yang mungkin juga bermanfaat. Kelima, menulis merupakan hal yang sering dilakukan orang hebat, karna tak hanya sebagai orang hebat, menulis mampu menghasilkan buku yang menyimpan ilmu lebih awet, terkenang, dan berguna sebagai referensi orang banyak.

Motivasi menulis awalnya tidak terfikir dan terniat dalam hati nurani. Tapi mengingat sesuatu hal yang dapat membandingkan diri kita dngan orang lain adalah karya tulis yang dapat bersumber dari bermacam hal seperti penelitian, pengalaman, ataupun semacam hayalan yang dikembangkan dalam cerita fiksi. Menulis dapat bersumberkan dari kejadian nyata, seperti pengalaman pribadi, pengalaman orang lain, peristiwa yang sedang hangat. Menulis juga bisa berupa kejadian fiksi atau hayalan dalam bentuk cerpen, komik, novel, yang mana semuanya merupakan kejadian yang mungkin tidak terjadi dalam kehidupan nyata. Menulis tak hanya dijadikan buku atau karangan lainnya, tapi menulis juga merupakan bagian dari jurnalistik, seperti tugas wartawan yang menuangkan tulisannya dalam bentuk artikel di koran, majalah, dan media social Web.

Apapun jenis tulisannya, menulis merupakam pengembangan ide seseorang kedalam bentuk yang lebih konkrit/ nyata. Menulis awalnya cuma merupakan kegiatan yang sangat membosankan, tapi setelah diliat banyak manfaat yang didapat baik pribadi ataupun buat orang lain yang telah dilakukan banyak penulis – penulis handal dan hebat tentunya, saya merasa tertarik untuk menjadi penulis yang juga handal dan menciptakan buku – buku yang membuat tuangan pikiran menjadi lebih nyata, awet, terkenang.

Menulis menjadikan seseorang lebih kreatif, karena dengan menulis seseorang tidak hanya berpatokan dengan tulisan – tulisan yang sudah ada, tapi mampu menciptakan dan mengembangkan tulisan – tulisan yang sudah ada sebelumnya. Kreatifitas tersebut bisa muncul dengan mengadakan penilitian, mencari sumber berupa kesaksian, pengalaman, peristiwa nyata atau hal – hal yang disebutkan sebelumnya seperti khayalan.

Seperti motivasi-motivasi yang saya kemukakan diatas menulis dapat dijadikan hobi bagi seseorang. Sebagai hobi, menulis tak harus dijadikan sebagai kegiatan inti atau lebih diindikasikan sebagai kegiatan yang hanya sebagai kegiatan – kegiatan yang dilakukan ketika senggang. Hobi yang lama – lama makin menjadi, akan lebih berguna karna akan menghasilkan tulisan – tulisan yang bermanfaat dan menarik untuk dijadikan sebuah bentuk buku. Dai hobi tersebut buku – buku yang dihasilkan mungkin dapat dipasarkan atau dikoleksi untuk diri pribadi. Dalam hal dipasarkan, tentunya menghasilkan uang tentunya. Dari hanya sekedar hobi bisa dijadikan sumber penghasilan.

(Penulis, Fauziah Ezzy adalah peserta Workshop JurnalistikKomunitasMahasiswa yang digelar atas kerjasama Forum Pemuda BangunNegeri (FPBN) bekerjasama dengan Sharia Economi Forum (SEF) GunadarmaSabtu (3/5/2014). (RM01)

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)