UIKA Bogor ke UIS Malaysia: Visiting lecturer dan Student Mobility

rm
0


RepublikMenulis.Com - Beli batagor untuk anak bangor, pergi dari Bogor datang ke Selangor. Sebuah pantun yang tepat untuk kegiatan kali ini. Alhamdulillah Ala Kulli Hal. Atas izin Allah, pada hari Jum’at 24 November 2023, rombongan grup dari Universitas Ibn Khaldun Bogor (UIKA) telah tiba di Universiti Islam Selangor, Malaysia (UIS) sejak pagi hari. Meskipun susunan acara kegiatan telah ditetapkan pada pukul 10 pagi waktu Malaysia, tetapi rupanya grup UIKA telah hadir lebih awal yaitu sejak pukul 06.30. Sungguh luarbiasa. Ini menunjukkan semangat dan antusiasme peserta sangat tinggi, patut diacungi jempol.

Menariknya lagi, di dalam Bus yang ditumpangi terdapat juga para pejabat dan dosen UIKA. Beberapa pejabat yang ikut yaitu: Dr. H. Dedi Supriadi, M. Si., M. Pd sebagai Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UIKA, Dr. Widyasari, M. Pd sebagai Kepala Internasional Colaboration Office UIKA Bogor, Dr. Zainal Abidin Arief, M. Sc sebagai Koordinator Program Studi S2 Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana UIKA Bogor, Prof. Indupurnahayu, M.M, Ak.CA sebagai Ketua Program Studi S2 Manajemen, Dr. Trisiladi sebagai Ketua Program Studi Ekonomi Syariah, Dr. Syarifuddin. M. Pd sebagai Ketua Gugus Kendali Mutu. Itu artinya, baik peserta maupun pejabat plus dosen mampu menunjukkan kekompakan dan semangat yang sama besarnya, siap untuk berangkat pagi menuju UIS.

Peserta datang menggunakan jaket almamater berwarna hijau, sedangkan beberapa pejabat dan dosen menggunakan baju batik. Peserta terdiri dari mahasiswa dari jenjang S1 dan S2, dimana mayoritasnya adalah mahasiswa S2. Tak luput mereka membentangkan spanduk bertuliskan “Comparative Studies” berfoto bersama dengan latar belakang Masjid Al Azhar UIS. Menjelang pukul 10, seluruh peserta dipersilakan memasuki ruang Dewan Kuliah Yusof Sahabudin di Fakulti Pengurusan dan Muamalah.

Acara dibuka dengan sambutan dan ucapan selamat datang dari Ketua Pusat Pengajian Pascasiswazah Universiti Islam Selangor, Dr. Hairol Anuar bin Makdin. Kemudian, dari pihak UIKA juga turut memberikan pidato sambutan dari Dr. H. Dedi Supriadi, M. Si., M. Pd. Setelah itu acara kemudian dibagi menjadi dua sesi yang berbeda ruangan atau terpisah. Grup pertama yaitu Para Pejabat dan Dosen dari UIKA diarahkan menuju ruang rapat khusus, dalam rangka membahas potensi kerjasama antara kedua belah pihak. Sedangkan, grup kedua yaitu para peserta atau mahasiswa tetap berada di ruang Dewan Kuliah Yusof Sahabudin.



Pada sesi di ruang Dewan Kuliah, pemateri pertama yaitu Prof.Dr. Indupurnahayu, dengan materi berjudul “The Role of Accounting in The Digital Era: Prospect and Challenges of Preparing Professional Human Resources”. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan oleh pemateri kedua yaitu DR. Kamarulnizam Bin Sani, dengan Kepakaran di bidang Pendidikan Islam, Integrasi dan Holistik. Adapun materi kedua sebatas pengenalan kampus Universiti Islam Selangor, khususnya, pengenalan mengenai fakulti Pendidikan karena sebagian besar peserta yang hadir merupakan mahasiswa Pascasarjana bidang Pendidikan di UIKA. Sesi kedua ini berlangsung cukup meriah karena banyaknya peserta yang bertanya.

Sebagai wujud ukhuwah Islamiyah, guna mempererat tali silaturahim antar kedua belah pihak, kegiatan diakhiri dengan sesi jamuan makan siang bersama. Sesi makan berlangsung hangat dan ceria, beberapa diantaranya saling bertukar pikiran. Kegiatan ramah tamah ini tampak akrab dan penuh rasa kekeluargaan, seolah tidak ada perbedaan kultur, jarak, dan waktu antara Indonesia dan Malaysia. Semoga kebersamaan ini dapat dipertahankan dan berlanjut lagi di masa yang akan datang.

Kontributor: Finantyo Eddy Wibowo, MM., 2023

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)