COP28: Janji metana yang dibuat oleh ‘para raksasa di balik krisis iklim’ gagal, kata Guterres

rm
0


RepublikMenulis.Com
- Sekretaris Jenderal PBB António Guterres pada hari Minggu mengirimkan pesan yang kuat kepada industri minyak dan gas: janji yang dibuat pada COP28 di Dubai tidak memenuhi apa yang diperlukan untuk mengatasi krisis iklim secara bermakna.

Saat hari keempat konferensi iklim PBB tahun ini dimulai, Sekjen PBB menyatakan: “Industri bahan bakar fosil akhirnya mulai bangkit, namun janji-janji yang dibuat jelas-jelas tidak memenuhi apa yang dibutuhkan.”

Menanggapi janji yang diumumkan pada hari Sabtu oleh beberapa perusahaan minyak dan gas besar untuk mengurangi kebocoran metana dari saluran pipa mereka pada tahun 2030, Guterres mengatakan ini adalah “langkah ke arah yang benar”, namun janji tersebut gagal mengatasi masalah inti, yaitu , menghilangkan emisi dari konsumsi bahan bakar fosil.

Metana (CH4) merupakan komponen utama gas alam dan bertanggung jawab atas sepertiga pemanasan bumi yang kita lihat saat ini. Gas ini berumur pendek namun lebih kuat dibandingkan karbon dioksida, gas rumah kaca yang paling bertanggung jawab atas perubahan iklim. Tanpa tindakan serius, emisi metana antropogenik global diperkirakan akan meningkat hingga 13 persen antara saat ini dan tahun 2030.

Menjuluki perusahaan minyak dan gas sebagai “raksasa di balik krisis iklim”, Sekretaris Jenderal juga menunjukkan bahwa janji tersebut tidak memberikan kejelasan tentang cara mencapai net-zero pada tahun 2050, yang “sangat penting untuk memastikan integritas. ”

“Ilmu pengetahuan sudah jelas: kita perlu menghentikan penggunaan bahan bakar fosil dalam jangka waktu yang sesuai dengan pembatasan pemanasan global hingga 1,5 Celcius,” tegasnya, mengacu pada salah satu target utama yang ditetapkan dalam Perjanjian Paris tahun 2015.

“Tidak boleh ada ruang untuk greenwashing,” katanya, mengacu pada bahaya yang ditimbulkan oleh promosi pemasaran yang menipu dan klaim keberlanjutan yang salah.

Peringatan Dini untuk Semua

Inisiatif Peringatan Dini untuk Semua yang inovatif yang diluncurkan oleh Sekretaris Jenderal tahun lalu bertujuan untuk melindungi semua orang dari cuaca, air, atau iklim berbahaya melalui sistem peringatan dini yang menyelamatkan jiwa pada akhir tahun 2027.

“Ini adalah tujuan yang ambisius – namun dapat dicapai. Untuk mewujudkannya, kita memerlukan semua pihak yang terlibat – berkolaborasi dan bekerja sama dengan cara yang belum pernah dilakukan sebelumnya,” katanya kepada para delegasi pada acara utama hari Minggu mengenai masalah ini.

Guterres juga meluncurkan laporan baru yang disiapkan oleh Kantor PBB untuk Pengurangan Risiko Bencana (UNDRR) dan Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) PBB, yang menunjukkan bahwa semakin banyak nyawa yang terlindungi dari cuaca ekstrem dan dampak perubahan iklim yang berbahaya, namun kecepatannya semakin meningkat. kemajuan masih belum mencukupi.

Sejauh ini, 101 negara melaporkan memiliki sistem peringatan dini, meningkat enam negara dibandingkan tahun lalu, atau dua kali lipat cakupannya sejak tahun 2015.

Namun, setengah dari negara-negara di dunia masih belum memiliki sistem peringatan dini multi-bahaya yang memadai, demikian temuan laporan tersebut.

Ketua UNDRR Mami Mizutori mengatakan: “Kemajuannya menggembirakan tetapi kita tidak boleh berpuas diri… dengan peningkatan 80 persen dalam jumlah orang yang terkena dampak bencana sejak tahun 2015 dan separuh dunia masih kekurangan akses terhadap peringatan dini.”

“Peringatan dini merupakan dampak kecil dari adaptasi iklim. Itu bukan sebuah kemewahan tapi suatu keharusan,” tambah Sekretaris Jenderal WMO Petteri Taalas.

Sumber: UN News, https://news.un.org/en/story/2023/12/1144282?_gl=1*iwisce*_ga*MTQxOTE5MTg3Ni4xNzAxNjQ3Mjgy*_ga_TK9BQL5X7Z*MTcwMTY0NzI4MS4xLjAuMTcwMTY0NzI4MS4wLjAuMA.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)