Memahami Takdir melalui Servo Mechanism

rm
0


RepublikMenulis.Com
- Boleh jadi pengalaman ini Anda pernah alami. Inginnya berpantang makanan dan minuman manis, sudah bertekad bulat menghindari makanan manis untuk jangka waktu 40 hari. Di hari pertama anda jalani, godaan makanan dan minuman manis justru datang silih berganti. Bahkan disediakan gratis, bisa karena acara pesta atau di traktir kawan. Makanan dan minuman yang anda ingin hindari justru datang dengan mudah di depan mata.

Bertekad ingin hidup sehat, menghindari makanan berlemak, namun justru makanan yang penuh lemak itu datang dengan mudah, lebih mudah dari keseharian disaat anda tidak bertekad menghindari.

Anda ingin menabung, namun yang terjadi uang anda tiba-tiba saja harus keluar untuk kebutuhan yang tidak bisa dihindari, ujung-ujungnya anda tidak bisa menabung sama sekali.

Tapi, ada orang setelah masuk tarekat hidup terasa jadi lebih beruntung. Dan ada pula orang yang melaksanakan ibadah rutin kesehariannya sholat 5 waktu, puasa sunat dan berbagai kewajiban syariat lainnya, saat membuat usaha, dimudahkan segalanya, ada aja yang bantu sehingga usahanya terwujud. Mengurus sesuatu, tiba-tiba datang aja bantuan dari hal yang tidak terduga sama sekali.

Contoh di atas adalah jenis SIAL dan BERUNTUNG, kita mendapat hal baik disebut BERUNTUNG dan mendapat hal tidak baik disebut SIAL.

“Manusia pada dasarnya adalah makhluk yang berjuang untuk mencapai tujuan… Dia tidak akan bahagia kecuali dia berfungsi sebagaimana mestinya – sebagai seorang yang berjuang untuk mecapai tujuan”.- Dr. Maxwell Matz

Manusia adalah satu-satunya makhluk yang dapat menetapkan dan mencapai tujuan konstruktif. Itulah satu-satunya alasan mengapa peradaban ada.-

Menetapkan dan mencapai tujuan yang konstruktif adalah pembeda antara kehidupan yang bahagia dan tidak bahagia. Tapi bukan itu saja… Saya juga masih punya kabar baik dan kabar buruk.

Kabar buruknya : Anda diprogram untuk mencapai tujuan tertentu.

Kabar baiknya : Anda juga diprogram untuk mencapai tujuan tertentu.-

Pemrograman ini ditentukan oleh “psiko-sibernetika” tentang bagaimana anda dapat memrogram diri Anda sendiri untuk mencapai tujuan dan menjadi “tipe kepribadian sukses”. 

“Sibernetika berkaitan dengan teleologi – upaya mencapai tujuan, perilaku yang berorientasi pada tujuan….otak dan sistem saraf membentuk “mekanisme pencapaian tujuan” yang luar biasa dan kompleks…yang bekerja untuk anda…atau merugikan anda…tergantung pada bagaimana “ANDA” operatornya, operasikan dan tujuan yang anda tetapkan untuk itu.”-Maxwell Malt.

Di tahun 1960 an Maxwell Maltz seorang ahli bedah kosmetik berasal dari Amerika Serikat yang juga penulis buku “Psychocybernetics” mempopulerkan istilah self image (citra diri). 

Awalnya Dr. Maxwell mengamati bahwa kebanyakan kasus yang dialami pasien-pasien ketika hendak melakukan operasi wajah lebih kepada citra diri ketimbang persoalan bentuk wajah. Sehingga operasi wajah tidak bisa serta merta memberikan kepuasan citra diri ini, melainkan harus dilakukan dengan tindakan mengubah kondisi psikologis seseorang.

Lebih sederhananya self image dapat diartikan sebagai penilaian atau persespsi terhadap diri sendiri. Bersifat halus, global dan abstrak yang merupakan identitas diri kepada alam semesta.

Sedangkan Belief System adalah landasan keyakinan yang melatarbelakangi semua perilaku dan sikap tingkah laku seseorang. Dengan kata lain belief system adalah life script atau blue print hidup seorang individu.

Kedua hal tersebut (self image dan belief system) akan menjelma menjadi panduan hidup yang disebut dengan “Automatic Guidance System”. Panduan tersebut bekerja secara otomatis dan bergerak dengan pola servomechanism.

Servo berasal dari bahasa latin yang artinya melayani, sedangkan mechanism artinya adalah mekanik. Jadi servomechanism adalah mekanisme pelayanan yang diberikan secara otomatis dan dijalankan terus menerus berdasarkan automatic guidance system yang Anda miliki.

Nasib manusia (baik atau buruk), (beruntung atau sial) sudah tertulis di dalam self image dan belief system selayaknya blue print yang mengawali perwujudan realitas fisik.

Jika memakai bahasa klasik berbasis agama, ketika bertekad terhadap sesuatu kemudian kita diarahkan ke arah lain, niat istiqamah zikir, ada aja yang menghalangi, kita sebut sebagai godaan setan, maka secara ilmiah kondisi ini disebut dengan Servomechanism.

Secara sekilas, psikosibernetika Maxwell Maltz hanyalah studi tentang bagaimana menusia mencapai tujuan secara sadar atau tidak sadar yang menyoroti peran besar dari Self-Image dalam kesuksesan seseorang, memperkenalkan penggunaan istilah “servomechanism” untuk menggambarkan gerakan kecenderungan manusia.

Pada dasarnya dalam kehidupan ini, setiap orang bergerak dengan prinsip “servomechanism” alias terus menerus melakukan koreksi hingga sesuatu yang “digariskan” terjadi, dimana proses koreksi ini berlangsung dengan melibatkan seluruh kesadaran holistik manusia (Conscious & Unconscious).

Kisah penemuan Isaac Newton tentang hukum gravitasi setelah mengamati jatuhnya sebutir apel. Namun yang tidak banyak diketahui orang adalah bahwa Edmund Halley—seorang atronom penemu Komet Halley—adalah satu-satunya orang yang paling bertanggung jawab membuat Newton terkenal.

Halley menantang Newton untuk memikirkan ulang idenya yang orsinil secara menyeluruh. Halley mengoreksi kesalahan matematis Newton, menyiapkan angka-angka geometris untuk mendukung pekerjaannya. Halley tidak hanya mendorong Newton menulis karya besarnya, Mathematical Principles of Natural Philosophy, tetapi juga menyunting pekerjaan itu, mengadakan supervisi penerbitannya dan sekaligus membiayai percetakannya. Halley mendorong Newton mengikuti impiannya, dan hal itu menambahkan signifikansi yang tidak terukur pada kehidupan seorang Isaac Newton.

Apa yang ingin dikatakan adalah: saya menantang anda untuk menjadikan Isaac Newton dan Edmund Halley sebagai dua sosok yang ada dalam diri anda. Anda adalah Isaac Newton yang memiliki impian besar dan sekaligus Edmund Halley yang secara total mendukung impian-impian itu agar terwujud. Dengan begitu, anda benar-benar dapat menambahkan signifikansi yang tidak terukur pada kehidupan anda.  

Kekuatan Pikiran Bawah Sadar Anda Yang Mengagumkan

 Apa itu Pikiran Bawah Sadar?

Anda semua hanya mempunyai satu pikiran. Namun, pikiran anda memiliki dua karakteristik dan fungsi yang berbeda. Dereten nama yang biasanya digunakan untuk membedakan dua fungsi pikiran anda adalah pikiran obyektif dan pikiran subyektif, rasional dan irasional, pikiran sadar dan pikiran bawah sadar, diri dipermukaan dan diri dikedalaman, dan berbagai istilah lain. Pada kesempatan ini kita akan menggunakan istilah pikiran sadar (conscious mind) dan pikiran bawah sadar (subconscious mind) untuk menggambarkan dua macam sifat pikiran anda.

Pikiran sadar adalah pikiran logis yang berhubungan dengan penalaran dan logika, kehendak, dan kesadaran mengenai realitas. Anda berpikir dengan pikiran sadar yang merupakan perencana atau pengatur pikiran bawah sadar anda. Pikiran sadar anda hanya menyadari tentang konsep sekarang dan saat ini. Ia tidak dapat meramalkan masa depan dan hanya fokus dengan tugas-tugas saat ini.

Adapun pikiran bawah sadar adalah pikiran yang berhubungan dengan energi dan penciptaan; pikiran kreatif yang melaksanakan apa yang direncanakan pikiran sadar anda. Pikiran bawah sadar merupakan seperangkat emosi dan tempat penyimpanan memori yang dikenal sebagai pikiran subyektif karena secara subyektif sekedar merespon apa yang disampaikan, dikesankan, diminta dan diputuskan pikiran sadar anda, tanpa membantah atau membuat plihan.

Sebuah peluru kendali ditembakan dari sebuah kapal perang menuju sasaran didaratan yang sudah diprogram didalam sistem komputernya. Peluru kendali melesat keudara dan setiap detik arahnya dibelokan menuju sasaran yang telah ditargetkan , arahnya selalu direvisi setiap saat hingga menemui sasarannya. Itulah mekanisme servo yang bekerja pada sebuah peluru kendali hingga dia menemui sasaran yang ditargetkan.

Mekanisme Servo merupakan gerakan alami menuju sasaran yang telah ditargetkan pada suatu sistem. Mekanisme servo pada kelelatu (laron) menuntun laron untuk terbang menuju pada sumber cahaya. Mekanisme servo juga menuntun kupu2 atau burung yang bermigrasi antar benua menempuh jarak ratusan kilometer hingga sampai tujuan . Mekanisme servo menuntun ikan salmon keluar dari tempat kelahirannya menuju laut bebas untuk kemudian kembali lagi ketempat kelahirannya tanpa tersesat. Mekanisme servo menuntun sel tubuh membelah diri dan membentuk organ tubuh seperti jantung, mata, tulang ,otot, daging sesuai program yang tersimpan didalam gen masing masing sel. Mekanisme servo juga menuntun manusia untuk mendapatkan dan mencapai apa saja yang tertanam didalam program fikiran bawah sadarnya.

Fikiran bawah sadar atau alam bawah sadar manusia merupakan blue print kehidupan seseorang. Program yang tertanam didalam fikiran bawah sadar akan mengendalikan mekanisme servo manusia untuk mendapatkan semua yang diprogramkan didalam fikiran bawah sadarnya . Manusia tidak akan pernah keluar dari target dan sasaran yang tertanam didalam fikiran bawah sadarnya selama program tersebut tidak berubah. Tanpa disadari banyak manusia yang menanamkan program yang tidak diinginkannya didalam fikiran bawah sadar, dan ia tercengang mengapa ia selalu menemui kegagalan, mengapa hidupnya selalu dirudung kesulitan, mengapa keberuntungan tidak berpihak kepada diirinya.

Fikiran dan perasaan negatif yang tertanam didalam alam bawah sadarnya telah menuntun mekanisme servo untuk mendatangkan semua kejadian buruk itu dalam kehidupannya. Walaupun fikiran sadarnya tidak menginginkan hal itu, berulang ulang ia mengatakan saya tidak pernah menginginkan hal ini terjadi , tapi mengapa hal itu tetap berulang? Fikiran bawah sadar jauh lebih kuat daripada fikiran sadar, mekanisme servo juga hanya patuh pada program yang tertanam pada fikiran bawah sadar, ia tidak pernah menghiraukan seruan fikiran sadar. Jika fikiran sadar menginginkan sesuatu yang bertentangan dengan fikiran bawah sadar dapat dipastikan apa yang diinginkan fikiran sadar tidak akan tercapai.-

Kehidupan manusia selalu mengikuti Pola atau kecenderungan pada hal tertentu, jika pola ini tidak diintervensi atau dirubah ia akan cenderung menjadi mapan dan menetap. Seorang yang sering bangun kesiangan maka akan cenderung bangun kesiangan terus dan secara ajaib ia akan menemukan sendiri berbagai hal yang menyebabkan ia selalu kesiangan. Seorang yang suka berhutang dengan mudahnya mendapat hutang dari sana sini dan secara ajaib ia akan menemukan kondisi yang memaksanya untuk terus berhutang.

Demikianlah mekanisme servo akan memudahkan seseorang dengan secara ajaib menemukan jalan untuk mengikuti kecenderungan yang telah tertanam dalam pola hidup atau alam bawah sadarnya.

Seorang yang cenderung berjudi akan menemukan jalan untuk berjudi , demikian pula seorang pemabuk, pezinah, atau maling ia dengan mudah akan menemukan jalan untuk melakukan kecenderungannya. Sistem mekanisme servo inilah yang menyebabkan orang miskin bertambah miskin, yang kaya bertambah kaya, yang susah selalu dirudung malang, yang senang terus berpesta pora. Sistim ini akan terus bekerja selama tidak ada intervensi yang mengubah program yang tertanam didalam fikiran bawah sadar.

Menciptakan Servomechanism yang memberdaya hidup itu perlu proses dan kebiasaan...

Pikiran Bawah Sadar(PBS) itu juga perlu dilatih,

Servomechanism tidak bisa didapatkan secara "ujug-ujug" bin tiba-tiba, lalu kemudian hidup anda berubah dipenuhi banyak keajaiban seketika...

Servomechanism adalah sebuah sistem.

Maka perlu inputan program yang konsisten untuk membangun sebuah sistem, agar sistem berjalan secara otomatis..

Contohnya adalah ketika anda sering membatalkan sebuah janji atau niat melakukan sesuatu karena ada sedikit halangan, Maka servomechanism akan selalu menghadirkan hal-hal yang membuat anda selalu tidak tepat janji, tidak tepat waktu, atau sering sekali menunda pekerjaan..

Seolah semesta berkolaborasi agar anda tidak dapat melakukan hal itu!

Intinya ketika anda sudah biasa, dan membiasakan berniat menginginkan sesuatu, atau saat anda berpikir ingin memiliki sesuatu, dan sesuatu tersebut entah bagaimana cara tercapai / terwujud..

Maka sesuatu tersebut yang sering terjadi secara berulang, akan menjadi sebuah servomechanism dalam diri anda,

Sebuah servo yang akan secara otomatis "mengupayakan" tercapainya apapun yang anda pikirkan / inginkan bagaimanapun caranya...

Saat sudah meniatkan sesuatu, berlatihlah untuk berkomitmen melakukan tindakan untuk mewujudkannya, agar seluruh sel tubuh, seluruh sistem metabolisme tubuh, sistem semesta akan bergerak mematuhi perintah niat itu.-

Inilah servomechanism yang anda ciptakan tanpa sadar, yang terlihat dari selftalk yang anda ucapkan!

Semua hal terjadi, seakan-akan menjadi sebuah takdir yang harus anda jalani, atau seperti nasib anda terkunci oleh sebuah keadaan yang anda sendiri tidak pernah mengetahuinya, mengapa hal yang ingin anda hindari justru bertubi-tubi datang menghampiri?

Seolah semua perilaku, kondisi, situasi, dan lingkungan mengarahkan anda ke “roda samsara nasib” yang terus berputar berulang-ulang..

Lalu, bagaimana cara memutus rantai servomechanism kesengsaraan hidup?

Bagaimana cara membentuk servomechanism yang memberdayakan hidup?

Maxwell Maltz menjelaskan, bahwa servomechanism ini tidak terbentuk begitu saja, karena setiap servomechanism memerlukan “settingan awal” yang jelas.

Settingan awal dari servomechanism dalam hidup bermula dari Self-Image(Citra Diri).

Self-Image, adalah cara anda melihat dan menilai diri anda sendiri.

Self-Image, terbentuk dari kumpulan keyakinan (belief) tentang diri anda, prasangka anda terhadap diri anda sendiri, prasangka orang lain kepada diri anda, cara pandang anda kepada orang lain, cara pandang anda melihat dunia..

Jadi jika kita perhatikan dengan seksama, maka semua perilaku yang kita lakukan maupun segala hal yang kita temui dan dapatkan kecenderungannya membentuk sebuah pola. 

Apabila pola-pola ini tidak diintervensi, dia akan semakin mapan dan menguat. Nah masalahnya adalah kalau polanya itu sesuatu yang baik tidak apa-apa, tetapi jika polanya adalah hal yang jelek bisa menjadi masalah buat Anda ketika dibiarkan.

Nabi Muhammad SAW mempunyai pola tertentu sehingga Beliau selalu menang dalam pertempuran, bahkan 3 generasi setelah Beliau pun mengalami hal yang sama, menang dalam berbagai hal sehingga Islam gilang gemilang di pentas dunia.

Sementara Nabi Isa as yang disebut Yesus oleh orang Kristen, mengalami sebaliknya, bisa disebut SIAL, menderita yang ujungnya wafat dengan cara disalib (menurut keyakinan Kristen). Para sahabat dan muridnya bahkan pengikutnya beberapa generasi mengalami hal yang sama, meninggal dunia dalam dengan cara dibunuh, bahkan ada yang dikuliti dan di bakar hidup-hidup.

Untuk bisa mengubah titik koordinat atau dalam bahasa agama disebut Takdir itu, harus ada intervensi kepada dua hal tadi yaitu Belief Sistem dan Self Image. Tidak ada cara paling efektif mengubah apa yang kita sebut TAKDIR itu kecuali diri kita terhubung dengan Sang Pemilik Takdir itu sendiri. Zikir, Suluk, Ubudiyah dan mengikuti setiap acara yang dibuat adalah cara paling efektif untuk mengubah koordinat hidup sehingga servomechanism kita berubah menjadi BERUNTUNG.

Sayyidi Syekh Sulaiman Zuhdi berkata kepada Syekh Abdul Wahab Rokan, “Tangan mu ini kelak akan di cium oleh raja-raja dunia”, dan begitulah akhirnya terjadi, titik koordinat hidup Syekh Basilam berubah total, menjadi Guru para Raja.

Begitu juga Anas bin Malik mendapat doa dari Nabi menjadi orang yang berkelimpahan, dan itu terjadi.

Nabi Ibrahim dengan linangan air mata berdoa memohon kepada Allah…

Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang yang sholeh.

…Ya Tuhan, jadikanlah negeri ini (Mekah), negeri yang aman, dan jauhkanlah aku beserta anak cucuku agar tidak menyembah berhala.

Doa yang dipanjatkan berulang dan terus berulang dan tersambung kepada Allah mengubah kondisi Mekkah menjadi tanah suci, diziarahi orang sampai saat ini dan dari keturunan Nabi Ibrahim juga menurunkan banyak Nabi termasuk Nabi kita Muhammad SAW

Jadi… cara terbaik untuk mengubah  servomechanism itu adalah dekat (tersambung) kepada Sang Pemilik Bumi dan Langit, dekat versi manusia dengan dekat versi Allah tentu saja beda, dan kita menginginkan dekat dalam pandangan Allah.

Dekat dalam pandangan Allah tentu saja memenuhi rukun syaratnya, mempunyai WASILAH yang tersambung kepada-Nya sehingga dalam kondisi kapan dan dimana pun tidak terlepas dari getaran-Nya.

Apa yang sesungguhnya yang telah dilakukan oleh orang-orang mulia diatas sehingga mereka mampu mengubah pola / takdir atau garis hidup orang lain, kitapun dapat melakukannya.-

Lalu, bagaimana solusinya? Solusinya adalah membentuk self-image baru.

Caranya?

1. Tulis dengan detail apa yang anda inginkan,

Misal, anda ingin memiliki tabungan deposito sebesar Rp.1 Milyar, atau anda ingin memiliki mobil idaman anda, atau anda ingin mengajak seluruh keluarga ke Mekah menunaikan ibadah haji.-

-Seperti apa kelihatannya?

-Seperti apa kedengarannya?

-Seperti apa rasanya?

Apakah muncul perasaan layak dan pantas anda memiliki hal itu?

2. Bayangkan anda melihat dengan jelas sosok diri anda yang baru, sosok seperti yang anda inginkan,

-Apa yang anda lihat?

-Apa yang anda dengar?

-Apa yang anda rasakan?

Apakah anda bisa merasakan sensasi perasaan layak dan pantas anda menjadi sosok orang yang sukses?

3. Biarkan ide-ide baru, dan gagasan liar muncul dari pikiran kreatif anda.

4. Lakukan tindakan-tindakan spontan terkait dengan ide-ide kreatif tersebut.

5. Praktekkan keempat hal di atas berulang-ulang setiap hari dengan santai dan tanpa beban (effortless).

Bagaimana bila self-image lama masih muncul, dan self-talk negatif datang mengganggu?

Praktikkan metode *CRAFT*(Cancel, Replace, Affirm, Focus, Train)

Misal anda ingin mengubah pola sakit yang anda miliki, dan menjadi pribadi yang lebih sehat, maka :

1.*Cancel:*

Saat tiba-tiba muncul selftalk,

“Duh, naga-naganya mau sakit nih, dari tadi bersin-bersin terus..”.

Segeralah cancel, dan katakan,

"Astagfirullahal adzhim.., ampuni aku Ya Robb, aku salah ucap, aku cabut kembali kata-kataku barusan, inshaa Allah aku sehat, sehat, sehat!"

Atau anda bisa mengatakan,

“Cancel, batalkan!”

Atau anda bisa ciptakan kode yang anda buat sendiri dengan mengatakan “Wuzzz!” "Hapus!"

Atau anda membayangkan menekan tombol “Ctrl + Z” atau imajinasikan seperti anda menekan tombol "Delete".

2. *Replace :*

Ganti dengan selftalk yang lebih memberdayakan, misalnya,

“Ga tahu kenapa apapun makanan dan minuman yang masuk kedalam tubuh saya, membuat tubuh saya menjadi semakin sehat, bertambah bugar, fit dan fresh bahkan dalam kondisi cuaca ektrim sekalipun, tubuh saya seperti memiliki daya imunitas yang tinggi!"

3.   *Affirmasi:*

Kuatkan dengan kalimat afirmasi

"Saya yakin dan percaya, Tuhan memberi saya karunia tubuh yang sehat paripurna, dan sangat sempurna, tubuh saya mampu melindungi dan bisa menyembuhkan diri sendiri..”

Katakan afirmasi diatas secara berulang-ulang secara mantap dan penuh keyakinan.

4. *Focus:*

Luangkan waktu setiap hari untuk fokus pada hal-hal yang memberdaya hidup.

Latih pikiran anda untuk fokus pada hal-hal baik, gambaran dan bayangan yang positif, sehingga muncul self image diri anda yang senantiasa sehat, bugar, kuat, fit, dan fresh!

5. *Train:*

JANGAN PERNAH MERASA BOSAN MELATIH PIKIRAN ANDA, MELATIH PERASAAN ANDA, AGAR PRASANGKA ANDA TETAP TERJAGA BAIK.

Bahkan anda boleh bergaya seakan-akan sudah sukses, seolah-olah anda punya banyak uang, seolah-olah anda memiliki tubuh yang sehat....

Seperti kata pepatah,

“Fake it till you make it!”

Berpura-puralah, sampai pura-pura itu menjadi nyata!

Let's Transform!

(Penulis adalah Adjinur Halidin, Pemerhati Sosial dan Pendidikan)

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)