Masjid Al Akbar: Inilah Masjid yang Gunakan Listrik Tenaga Surya

rm
0


Surabaya (MAS) – Masjid Nasional Al Akbar Surabaya (MAS) akan menjadi “Green Mosque”

(Masjid Hijau) karena segera menggunakan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS).

Hal itu terungkap dalam serah terima pekerjaan solar panel masjid dari rekanan kepada Badan Pengelola dan Pelaksana (BPP) MAS di Surabaya, Rabu (27/9/2023).

“Alhamdulillah, kegiatan pembangunan panel surya di masjid Al Akbar selesai. Mudah-mudahan hasil ini maksimal yang bisa memberikan multifungsi, selain hemat energi dan ramah lingkungan,” kata Ketua BPP MAS DR KH Ahmad Sudjak MAg.

Menurut dia, penghematan yang didapat akan mengurangi kebutuhan biaya listrik yang biasanya mencapai Rp80 juta – Rp90 juta.

“Saya yakin bisa menghemat dari pengeluaran itu. Semoga Memberikan inspirasi masjid-masjid yang lain,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Kasie Perencanaan & Pengembangan BPP MAS H Bambang Wicaksono menambahkan PLTS yang terpasang akan berjumlah 24 pcs dengan total kapasitas 13,2 kWp.

“Sebenarnya, sejak 25 September 2023 sudah beroperasi untuk supply beban lampu di bagian dalam masjid.
PLTS mampu menghasilkan 40 kWh listrik/hari, sehingga sangat bermanfaat, terutama untuk mengcover ruang utama masjid,” katanya.

Menurut dia, manfaat PLTS adalah mendukung program pemerintah dan dunia dalam menyelamatkan bumi dengan menggunakan PLTS.

“Juga, dapat menurunkan biaya listrik, menggunakan energi ramah lingkungan, dan dapat digunakan ketika PLN mati, karena dilengkapi dengan baterai, sehingga lampu bagian dalam dapat digunakan seperti biasa,” katanya. (*/mas. Sumber: https://www.masjidalakbar.or.id/2023/09/27/masjid-al-akbar-segera-gunakan-listrik-tenaga-surya/

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)