Pasca Banjir Bandang dan Lahar Dingin Sumbar, GICF Fasilitasi Pemuda dalam Meningkatkan Pengawasan Kampung

rm
0


Republikmenulis.com 
- Menghimpun, menguatkan dan menggerakkan partisipasi anak nagari atau pemuda lokal dalam setiap kejadian bencana merupakan salah satu strategi GICF dalam setiap aksi respon bencana.

Begitu juga dengan bencana banjir bandang di Bukik Batabuah. GICF melihat potensi pemuda nagari untuk berperan dan berpartisipasi disamping dalam aksi evakuasi juga dalam melakukan pengawasan wilayah nagari terutama pada malam hari.

Pemuda bukik batabuah Saiful mengatakan, dengan kejadian bencana mengundang semua orang datang ke nagari kami, ada yang datang memberikan bantuan maupun sekedar melihat. Yang kami sayang kan juga mengundang orang-orang berniat tidak baik memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan. karena beberapa kampung ditinggal penghuni yang mengungsi. Dan mulai ada yang datang memanfaatkan kondisi ini untuk mencoba menjarah harta maupun ternak yang yang ditinggal.

Kami telah membentuk regu regu piket malam bagi para pemuda, tapi kami masih terkendala dengan kekurangan perlengkapan sehingga sangat beresiko untuk melakukan ronda pada malam hari karena kondisi wilayah gelap dan banyak puing-puing berbahaya berserakan.

Lebih lanjut saiful mengatakan kami sangat membutuhan senter untuk alat penerangan dan sepatu bot agar anak anak lebih amam melakukan pengawasan pasa malam hari saat mengunjungi dan menjaga kampung yang kosong tersebut.

Melihat kebutuhan yang mendesak tersebut GICF segera memenuhi kebutuhan pemuda nagari untuk menjaga dan mengawasi keamanan wilayah mereka dengan menyediakan alat alat perlengkapan keamanan, agar pemuda nagari lebih termotivasi untuk menjaga dan mengamankan jorong mereka.

Sebagai gambaran, untuk mengoptimalkan Aksi Kemanusiaan di Sumatera Barat, GICF telah bersinergi dengan Forahmi, Relawan Bangun Negeri, Wakaf Bangun Negeri, dan Rantiang Ameh Farm. #aksicekemanusiaan #indonesiapeduli #sumbar

Donasi Dompet Kemanusiaan Pray for Sumbar dapat disalurkan, melalui: Bank Permata Syariah #1816086678 An. Yayasan Global Insan Cita atau Klik.

Info/konfirmasi Donasi: 0811-1800-537
Info aksi: 0822-8490-9244

#prayforsumbar
#donasikemanusiaan
#aksipeduli
#indonesiapeduli

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)