Optimalisasi 68 Persen Kelompok Usia Produktif Jadi Kunci Raih Indonesia Emas 2045

rm
0

 

RepublikMenulis, Jakarta - Indonesia mempunyai peluang besar untuk meraih Indonesia Emas 2045. Ini bisa dicapai dengan mengoptimalkan potensi 68 persen penduduk usia produktif, Hal ini disampaikan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada Pidato Kenegaraan pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2023 di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Rabu (16/8/2023).
Jokowi mengungkapkan bahwa bonus demografi yang akan mencapai puncak di Tahun 2030-an adalah peluang besar kita untuk meraih Indonesia Emas 2045, 68% adalah penduduk usia produktif. Oleh karena itu, "Di sinilah kunci peningkatan produktivitas nasional kita", jelas Jokowi.
Pada kesempatan terpisah, pemerhati Sumberdaya Manusia (SDM), Efri Syamsul Bahri, berpendapat bahwa peluang besar bonus demografi ini, tentu mesti diiringi dengan kerja keras. "Salah satu upaya upaya yang perlu dioptimalkan adalah dengan menfasilitasi 68 persen penduduk usia produktif, agar kompeten pada okupasinya masing-masing". Untuk itu, berbagai instrumen perlu dioptimalkan, antara lain: kebijakan, Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), Kualifikasi Kualifikasi Kerja Nasional Indoensia (KKNI), dan Skema Okupasi. "Pada akhirnya, ini bisa digunakan oleh Lembaga Pelatihan Kerja, Lembaga Pendidikan, dan Lembaga Sertifikasi Profesi untuk menghadirkan sumberdaya manusia yang unggul, kompeten, dan berbudi pekerti luhur", tutup alumni Asia e University ini. (RM01)
Sumber Foto: https://indonesia.go.id/kategori/editorial/7349/peluang-besar-raih-indonesia-emas-2045?lang=1

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)