Terobosan Itu Bernama Sumur Pompa Sibel

Iqbal
0
Salah satu jenis pompa air yang akhir-akhir ini sering sekali dipromosikan sebagai pompa air masa depan yaitu pompa air celup atau pompa air redam atau submersibel Pump atau pompa sibel.

Sebagaimana diketahui, umumnya pompa air yang sering digunakan selama ini adalah Pompa air sumur dangkal, pompa air sumur dalam, dan pompa semi jet. 

Pompa air sumur dangkal adalah jenis pompa air yang mampu menghisap air dari kedalaman maksimal 9 meter dan memiliki daya dorong maksimal 30 Meter. Biasanya digunakan untuk perairan kolam, sumur dangkal dan pompa pendorong. 

Pompa air sumur dalam atau kita lebih mengenalnya dengan nama Jet Pump, adalah jenis pompa air yang memiliki daya hisap 30-50 meter dan daya dorong dari 30-100 meter, berbeda-beda sesuai kapasitas yang disuguhkan vendor. Cirinya, pompa air ini memiliki dua pipa menuju sumber air. Banyak digunakan di perkotaan karena sumber airnya yang memang umumnya sudah dalam. 

Lalu pompa air semi jet, sebetulnya sama dengan pompa air sumur dangkal namun dengan bentuk mirip Jet Pump, serta memiliki daya yang lebih irit dibanding pompa sumur dangkal. 

Sedangkan pompa air redam atau pompa sibel atau submersible Pump adalah jenis pompa air yang tidak memiliki pipa hisap. 

Pompa air ini langsung diredamkan kedalam air dan air akan langsung keluar memancar di pipa dorongnya menggunakan sistem operasi sentrifugal, yaitu mengubah energi kinetik dari air menjadi energi potensial yang bergerak ke permukaan melalui Impeller yang bergerak memutar di dalam casing pompa air sehingga air dapat terdorong keluar oleh putaran tersebut. 

Akhir-akhir ini penggunaan pompa air redam (pompa sibel) ini semakin banyak diterapkan bahkan pada skala rumah tangga. 

Ada beberapa keunggulan menggunakan teknologi pompa sibel ini, antara lain: 

1. Pompa sumur sibel ini sangat simple: kita tinggal lempar pompa ini ke dalam sumber air, maka air akan menyembur di pipa dorongnya. 

2. Karena pompa air submersible ini dicelupkan ke air maka pompa akan tetap dingin dan bisa digunakan 24 jam non stop. Sangat cocok untuk aquarium besar dan kolam ikan agar ikan selalu terlihat segar.

3. Pompa air submersible memiliki debit air yang lebih besar dibanding pompa air sumur dangkal, sehingga dalam waktu singkat, air sudah penuh di penampungan. 

4. Irit tempat karena pompa ini disimpan di dalam air, bukan di ruangan sehingga tidak banyak makan tempat. 

5. Irit listrik, apalagi saat ini sudah ada pompa air submersible dengan tegangan DC sehingga bisa lebih irit listrik dan juga lebih aman dan tidak perlu khawatir kesetrum tegangan DC. 

6.  Karena pompa ini terendam dalam air, maka tidak akan mengeluarkan suara bising yang biasanya hadir di pompa air biasa. 

7.  Harganya sekarang cukup terjangkau, tidak seperti dulu (yang saat itu memang masih relatif mahal) sedangkan sekarang sudah banyak pompa sibel yang memiliki daya hisap kuat, tegangan rendah, namun harga cukup murah.

Bagaimana Cara Kerja Pompa Sibel ini? 
Saksikan video berikut ini:

 

_______ 
* diadaptasi dari www.kelistrikanku.com/2018/08/alasan-memilih-pompa-submersible.html

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)