Rayakan HUT-RI ke-78, PKBM YPAB Laksanakan Upacara Bendera

rm
0


Republikmenulis.com - 
Dalam rangka Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke- 78, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pemimpin Anak Bangsa (YPAB) Tangerang Selatan melaksanakan kegiatan Upacara Kemerdekaan RI, upacara tersebut dilaksanakan tepat di hari kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 2023 bertempat di halaman Rumah Belajar YPAB di Jl. Tegal Rotan Raya no 21A, Tangerang Selatan.  

Bertugas dalam upacara ini peserta didik PKBM Pemimpin Anak Bangsa, mulai dari pemimpin upacara, pemimpin barisan, pengibar bendera, pembacaan teks Pancasila, pembacaan teks proklamasi, petugas paduan suara, dengan dihadiri oleh peserta PKBM serta para mentor pengajar.


Bertindak sebagai Inspektur Upacara yaitu Kak Rizal Arryadi selaku ketua PKBM. Dalam amanatnya, beliau menyampaikan apresiasi terhadap peserta didik yang datang menghadiri upacara, “Upacara bendera sebenarnya hanya merupakan simbolik seremonial untuk menyatakan bahwa kita mencintai negeri ini. Apabila kita menelaah ke belakang di masa sebelum kemerdekaan, arti kemerdekaan itu apa? Dimana Indonesia masih dalam belenggu penjajahan dan tidak memiliki pendidikan. Apa sih yang menyebabkan Bangsa Indonesia dengan mudahnya dijajah pada saat itu?", jelas Rizal 

Lebih lanjut, Rizal menyebutkan bahwa selain pihak eksternal yang ingin mengeksploitasi kekayaan Indonesia pada saat itu, namun ada juga faktor internal; Pertama, diri sendiri, Bangsa Indonesia pada saat itu memang mau untuk dijajah, memilih untuk dijajah karena kebodohannya. Yang kedua; lingkungan yang begitu toxic yang menyebabkan orang- orang pada saat itu berpikiran “kita memang layak dijajah”. Maka dari itu Kak Rizal Arryadi mengharapkan kepada seluruh peserta didik PKBM Pemimpin Anak Bangsa untuk bersungguh-sungguh belajar dan berkeinginan untuk menjadi cikal bakal bangsa Indonesia yang cerdas, dan tidak ingin dijajah karena kebodohan.

Upacara bendera ini dilaksanakan untuk memperkuat rasa persatuan dan kesatuan Republik Indonesia, melatih para peserta didik untuk bersikap tertib dan disipilin, meningkatkan kemampuan memimpin, menumbuhkan rasa tanggungjawab, membiasakan kekompakan dan kerjasama, serta menumbuhkan jiwa nasionalisme, rasa semangat kebangsaan dan cinta tanah air.

Upacara dilaksanakan dengan tertib, khidmat, dan lancar di bawah sedikit terik matahari, para peserta upacara sangat antusias dalam menyambut hari kemerdekaan Indonesia yang ke-78. 

Sebagai gambaran, Yayasan Pemimpin Anak Bangsa (YPAB) adalah organisasi non-profit yang menyelenggarakan pendidikan non formal secara gratis, dapat diakses oleh masyarakat umum yang terhambat kendala finansial. YPAB menyediakan pendidikan kesetaraan di rumah belajar yang bertempat di Jl. Tegal Rotan Raya no 21A, Tangerang Selatan. YPAB menyediakan program paket B (setara SMP), dan paket C (setara SMA).

Kontributor: Kholida Muthi├ítul Maula 

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)