Kunjungan Universiti Islam Selangor Malaysia dan STIS Al Wafa ke UIN dan Universitas Mataram

rm
0


RepublikMenulis.Com - 
Jarak perjalanan yang jauh, bahasa dan budaya yang berbeda, bukanlah menjadi hambatan dalam menjalin ukhuwah islamiyah antara Indonesia dan Malaysia. Pada hari Selasa (7/11/2023) terlaksana pertemuan empat perguruan tinggi lintas wilayah yakni Universiti Islam Selangor Malaysia, Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Al Wafa Bogor, STIKES Nasional Surakarta dan Universitas Islam Negeri Mataram. Adapun kegiatan ini bertempat di Gedung Research Center lantai 4, UIN Mataram sebagai tuan rumahnya.

Acara ini dibuka oleh Rektor UIN Mataram Prof.DR. H. Masnun Tahir, M.Ag dan kemudian acara dipimpin oleh Ketua LP2M UIN Mataram M.Ag, M.A, Ph.D selaku moderator. Kegiatan ini diawali dengan foto bersama dan penyerahan cindera mata berupa plakat.

Prosesi serah terima plakat ini diwakili oleh Finantyo Eddy Wibowo, SE, MM dari STIS Al Wafa yang diterima langsung oleh Rektor UIN Mataram Prof.DR. H. Masnun Tahir, M.Ag. Sebaliknya pun sama, penyerahan plakat dari UIN Mataram sebagai tuan rumah kepada STIS Al Wafa. Berbeda dengan sebelumnya, penyerahan kali ini diberikan oleh Ketua LP2M UIN Mataram Prof. Atun Wardatun, M.Ag, M.A, Ph.D. kepada STIS Al Wafa.

Tema kegiatan ini adalah “Penguatan Hak Kekayaan Intelektual HKI – Paten Hasil Penelitian”. Pada kesempatan pertama, pemateri dari Universiti Islam Selangor, DR. Nooraimi binti Mohamad Puad, menyampaikan konsep dan mekanisme penelitian di Malaysia. Hal ini menjadi penting agar peserta yang hadir dapat wawasan baru dalam melakukan perbandingan antara Indonesia dan Malaysia. Acara kedua dilanjutkan oleh pemateri dan juga perwakilan dari STIKES Nasional Tri Harningsih, Msi yang membawakan materi tentang “Sharing Best Practise Capaian HKI-Paten berbasis Penelitian”.

Pada akhirnya, keempat perguruan tinggi ini sepakat, kalau ada kesempatan baik kedepannya dapat ditingkatkan potensi kerjasama lebih lanjut seperti webinar ataupun internasional conference.

Pasca Sarjana Universitas Mataram

Pada hari Kamis (9/11/2023) berlangsung kegiatan “Studium General: Komparasi Kewirausahaan Malaysia dan Indonesia” yang berlokasi di Gedung Pasca Sarjana Universitas Mataram, Magister Perencanaan Kepariwisataan.



Bertindak sebagai Moderator pada kegiatan ini yaitu Akhmad Saufi, SE., M.Bus., PhD. Adapun pemateri yaitu DR. Suhaila binti Nadzri selaku Ketua Jabatan Ekonomi dan Pengurusan di Universiti Islam Selangor. Pada kesempatan ini pemateri memberikan gambaran tentang Sistem Kepariwisataan di Malaysia berikut dengan Langkah-langkah pengembangan kewirausahaan yang berkaitan dengan Pariwisata. Kegiatan ini berlangsung cukup meriah dengan diwarnai saling balas pantun antara pemateri, moderator dan peserta yang hadir.

Kegiatan kedua yaitu sesi “Sharing pengalaman melanjutkan studi di Malaysia” oleh Finantyo Eddy Wibowo, SE., MM sebagai narasumber. Peserta mendapat insight baru akan kemudahan-kemudahan melanjutkan studi di negeri jiran. Sesi ini semakin menarik terlihat dari antusiasme dari para peserta ketika bertanya. Dan terakhir, kegiatan ini ditutup dengan pengalungan kain tenun khas Lombok kepada para pemateri.

Alhamdulillah Ala Kulli Hal. Seluruh rangkaian kegiatan berjalan lancar. Hal ini wujud dari bentuk kesepakatan bersama sebelumnya antara STIS Al Wafa Bogor dan Universiti Islam Selangor Malaysia. Kalau ada sumur di ladang, boleh kita menumpang mandi, kalau ada umur yang panjang, boleh kita berjumpa lagi. Sebuah pantun yang sesuai untuk agenda kegiatan di Lombok dalam satu pekan ini, sembari menaruh harapan besar agar ada kegiatan-kegiatan serupa lagi di kemudian hari.

[Baca juga berita sebelumnya: https://www.republikmenulis.com/2023/09/kunjungan-stis-al-wafa-ke-malaysia.html ]

Kontributor: Ahmad Saefurahman dan Windi Herdalani (Ikatan Alumni Al Wafa)

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)