Mengenal Branding Dalam Dunia Bisnis

rm
0

Pernahkah kalian mendengar istilah
branding? Kata ini tentunya sudah tidak asing didengar bagi para pelaku dan pemain bisnis. Meskipun bukan elemen yang sangat krusial akan tetapi branding memiliki efek dan peran yang signifikan dalam pertumbuhan sebuah usaha atau bisnis. Lalu apa pengertian dari branding itu sendiri? Pada artikel ini kami akan membahas sedikit gambaran tentang branding yang mungkin akan bermanfaat bagi anda yang baru dan ingin memulai sebuah usaha. 

Secara umum branding bisa diartikan sebagai wajah, kesan, dan anggapan sebuah produk di mata para pelanggan. Branding bersifat jangka panjang dan melekat. Sebagai contoh sudah lazim sekali di Indonesia ada beberapa kata benda yang digantikan dengan nama-nama merek seperti Rinso, Odol, Sanyo, Dan lain sebagainya. Bahkan dibeberapa daerah terutama pedesaan, apapun air mineralnya mereka menyebut itu dengan Aqua. Pertanyaannya adalah, bagaimana merek-merek tersebut bisa melekat sangat kuat di pikiran mereka? Yup, jawabannya adalah branding. 

Ciri-ciri branding yang sukses adalah ketika sebuah produk memiliki kesan yang positif dan diterima oleh masyarakat. Branding yang bagus juga akan meningkatkan nilai dari produk yang kita jual. Ambil contoh saja merek ponsel terkenal Iphone, mendengar kata Iphone saja kita pasti tau benda apa yang dimaksud. Untuk membangun sebuah branding yang luar biasa tentunya membutuhkan banyak waktu dan dedikasi. 

Berikut ini adalah tips-tips untuk membangun sebuah branding. Pertama, Fokus Pada Kualitas Produk. Branding yang sukses sangat dipengaruhi dengan jenis dan kualitas produk yang kita tawarkan. Produk dengan kualitas yang bagus dan terjamin akan lebih mudah membangun branding dan mengurangi biaya promosi. Sedangkan produk yang ala kadarnya dan asal-asalan akan susah berkembang meskipun kita mengiklankannya dengan sangat menarik. Kenapa bisa demikian? Karena ada satu hal yang lebih kuat dari iklan dan promosi, yaitu feedback dan tanggapan pelanggan. Ketika pelanggan merasa puas maka besar kemungkinan mereka akan merekomendasikan produk kita ke teman dan keluarga mereka. Jika produk yang kita jual asal-asalan maka pelanggan akan merasa tertipu dan kapok untuk membeli. Bahkan lebih buruknya lagi akan menceritakan keburukan produk kita pada keluarga atau temannya. Hal ini akan berdampak pada Repeat Order dan nama baik sebuah bisnis atau usaha.

Kedua, Pemilihan Nama Yang Baik. Pemilihan nama sebuah produk atau nama sebuah perusahaan dan bisnis juga sangat penting. Branding yang baik biasanya diawali dengan pilihan nama yang bagus, tidak terlalu panjang, dan mudah diingat pelanggan. Anda juga bisa memasukkan filosofi, harapan, dan doa-doa anda dalam membuat sebuah nama. Sekecil apapun usaha yang anda jalankan, jangan lupa untuk membuat beranding. Sebagai contoh jika anda berjualan sayur, berilah nama dan nomer telepon yang bisa dihubungi. Itu lebih baik daripada berjualan keliling dan tidak ada satupun tanda pengenal yang membuat pelanggan sulit mencari anda.

Ketiga, Pelayananan Yang Memuaskan. Bisnis erat kaitannya dengan sebuah pelayanan. Apapun jenis bisnis yang kita jalani pelayanan menjadi salah satu kunci menuju bisnis sukses dan berkembang. Anggaplah kita memiliki produk yang luar biasa, jika pelayanannya tidak ramah dan menyinggung hati pelanggan maka hal tersebut akan mencoreng nama perusahaan dan tentunya akan berdampak negatif. Sebaliknya jika pelayanan kita sangat baik maka pelanggan akan merasa betah dan nyaman. Sebagai contoh sederhana pasti kita lebih suka pergi ke cafe dengan pelayan yang bersahabat, daripada cafe dengan pelayan yang buruk, jutek dan berwajah tidak ramah.

Keempat, Membangun Komunikasi yang Baik Dengan Pelanggan. Untuk membangun kedekatan dengan pelanggan, komunikasi yang baik adalah salah satu aspek penting yang harus diperhatikan. Komunikasi yang baik cenderung membuat pelanggan merasa dihargai sehingga muncullah loyalitas pelanggan terhadap merek atau usaha yang sedang kita bangun.

Dan itulah sedikit ulasan tentang branding, pembahasan ini hanyalah sebuah gambaran umum dan masih banyak hal mendalam yang belum dibahas. Semoga artikel ini bermanfaat dan membuka wawasan anda yang ingin memulai sebuah bisnis. Jangan pernah berhenti belajar dan berproses. Salam sukses, Salam Cuan !!

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)